Lampion Teng Tengan Pesanan Klien Dari Jogjakarta - Kampoeng Lampion™ | Pengrajin Lampion | Grosir Lampion | Belanja Lampion | Jual Lampion

Kampoeng Lampion™ On Facebook



Lampion Teng Tengan Pesanan Klien Dari Jogjakarta

Pemesanan Lampion, hubungi : 081252265758 (WA langsung klik nomor tersebut)
~ www.kampoenglampion.com


lampion teng tengan




Teng-tengan atau lampion yang pada awalnya bernama Dian Kurung ini dibuat pada 1942. Menurut Sesepuh warga Purwosari Perbalan, Tunut Sofwani, nama Dian Kurung diambil dari kata Dian yang berarti lampu, dan Kurung berarti kurungan. Dian Kurung awalnya berbentuk segi empat, berbeda dengan lampion sekarang yang berbentuk prisma persegi delapan.

Menurutnya, saat itu Kampung Perbalan masih berupa rawa dan belum teraliri listrik, kemudian seorang yang dikenal dengan Mbah Saman mulai membuat Teng-tengan yang digunakan untuk penerangan.



raja lampion   rangka lampion teng tengan




“Saat Bulan Ramadan di sini sangat minim penerangan. Sedangkan jalan menuju musala gelap, akhirnya warga berinisiatif membuat Dian Kurung sebagai alat untuk penerangan menuju masjid atau musala,” ungkapnya, Jum'at (17/8).

Damar_kurung_fest

Teng-tengan digunakan sebagai penerangan dengan berbagai bentuk, ada yang bisa ditempel di dinding dan ada bisa dibawa untuk penerangan di jalan. Teng-tengan akan semakin ramai saat memasuki Ramadan lantaran digunakan banyak warga untuk menuju ke masjid pada malam hari.

progress lampion teng tengan, lampion dian kurung
Progress lampion teng tengan

“Karena kemajuan zaman, Dian Kurung semakin digemari karena bentuknya yang variatif, terutama saat bulan Ramadan seperti ini. Dulu awal-awal ditempel di tembok sekarang sudah ada yang bisa berputar,” imbuhnya.

lampion dian kurung
Lampion siap kirim ke Jogja

lampion dian kurung
Lampion Dian Kurung sudah terpasang

Lampion Teng Tengan Pesanan Klien Dari Jogjakarta sudah terpasang untuk event di Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Pages