Puluhan Lampion Raksasa Hiasi Kawasan Kaliurang

Kamis, 25 Desember 2014 20:06 WIB

Pemesanan Lampion :
081252265758
0341-9987211
Pin BB 2A965FF8

www.kampoenglampion.com


Warga berfoto di depan lampion hasil kreasi warga di kawasan wisata Kaliurang, Kamis (25/12/2014). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama
TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Nampak pemandangan yang unik saat memasuki kawasan wisata Kaliurang, Kamis (25/12/2014). Puluhan lampion ukuran raksasa bertengger di pinggir jalanan di salah satu destinasi wisata di Sleman itu.
Sebagian besar lampion memiliki bentuk tokoh pewayang dengan ornamen warna-warni. Pemandangan inipun tidak disia-siakan wisatawan yang melintas di kawasan ini untuk berhenti sejenak dan mengambil foto diri dengan latar belakang lampion hias tersebut.
Sahid Nugroho (36) warga Kaliurang Barat, Hargobinangun mengatakan lampion-lampion tersebut merupakan hasil karya warga untuk dilombakan dalam festival lampion yang digelar oleh digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman.

Salah satu lampion di kawasan objek wisata Kaliurang. (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)
Festival kali ini merupakan kedua kalinya digelar di kawasan wisata Kaliurang dalam menyambut liburan akhir tahun. Menurutnya, even ini diikuti oleh masing-masing RT yang berada di Dusun Kaliurang.
“Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah wayang yang merupakan identitas budaya Jawa,” katanya sembari membenahi lampion berbentuk Gatotkaca hasil karya warga di RT-nya.
Meski baru digelar kedua kalinya, nampaknya warga tidak main-main mempersiapkan hasil karyanya. Bahkan menurut Sahid, kelompok pemuda di tempat tinggalnya harus lembur selama tiga minggu untuk membuat lampion yang memiliki tinggi sekitar lima meter itu.
“Lamanya membuatnya dikarenakan sebagian besar anggota kelompok pemuda sudah bekerja, jadi baru bisa dikerjakan saat sore hingga malam. Pengerjaannya dimulai dengan desain dan membuat rangkanya,” paparnya menjelaskan proses pembuatan lampion.
Sementara itu, Kepala Disbudpar Sleman, AA Ayu Laksmidewi mengatakan even ini merupakan bagian dari festival lampion yang untuk menyemarakkan suasana libur akhir tahun di Kaliurang. Pihaknya sengaja melibatkan warga setempat dengan tujuan agar warga ikut menjaga kawasan wisata ini.

2 comments:

  1. Bagus ey,sukses Disbudpar Sleman dan salam kenal.Bisa bagi kontaknya ke digitalland.dl@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, kontak segera kami kirim...
      081252265758
      0341-9987211
      Pin BB 2A965FF8

      Delete


lampion terbangPages